Visi dan Misi
Visi Program Studi PGMI
Menjadi Program Studi PGMI yang unggul dalam penyiapan pendidik dengan keahlian pengembangan media pembelajaran di MI/SD berbasis IPTEKS dengan berpedoman pada aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah di tahun 2026.
Misi Program Studi PGMI
- Mewujudkan pembelajaran dengan fokus keahlian pengembangan media pembelajaran di MI/SD yang berbasis IPTEKS dalam disiplin ilmu endidikan Dasar Islam.
- Mengembangkan penelitian Ilmu Pendidikan Dasar Islam dan Keguruan MI/SD berbasis IPTEKS.
- Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS.
- Menghasilkan pendidik yang memiliki jiwa wirausaha dalam bidang pendidikan.
- Melaksanakan kemitraan dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri.
- Mengembangkan budaya mutu berbasis good governance.
- Menerapkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dan Strategi Program Studi PGMI
Tujuan
- Terwujudnya pendidik dengan keahlian pengembangan media pembelajaran di MI/SD yang berbasis IPTEKS dalam disiplin ilmu Pendidikan Dasar Islam.
- Terwujudnya penelitian, dan pengembangan ilmu Pendidikan Dasar Islam dan Keguruan MI/SD berbasis IPTEKS.
- Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS.
- Terwujudnya pendidik yang memiliki jiwa edupreneur dalam bidang pendidikan.
- Terwujudnya kemitraan dengan lembaga pendidikan, instansi pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri.
- Terwujudnya budaya mutu berbasis good governance.
Terwujudnya nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi
- Sasaran dan strategi dari Tujuan Pertama:
- Kurikulum disesuaikan dengan perkembangan jaman, kebutuhan kajian pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan keterserapan dunia kerja.
- Memiliki 30 % dosen yang ahli di bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ditunjukkan dengan tingkat pendidikan strata III (tiga).
- Membekali mahasiswa dengan keilmuan tentang pendidikan dasar, dan ilmu keguruan yang diarahkan pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
- Dosen mengembangkan metode dan media pengajaran yang variatif dan inovatif.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Kedua:
- Dosen secara aktif mengikuti kegiatan upgrading pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Dosen terlibat aktif dalam penelitian individu, kelompok, maupun penelitian yang melibatkan mahasiswa.
- Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dimuat dalam jurnal nasional dan internasional.
- Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan dasar Islam khususnya dan bidang literasi pada umumnya.
- Mengintegrasikan hasil penelitian dosen ke dalam pembelajaran.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Ketiga:
- Dosen melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan atau bimbingan untuk menciptakan pemahaman tentang konsep-konsep pendidikan dasar Islam khususnya dan literasi pada umumnya.
- Dosen menjadi tenaga ahli pada instansi pemerintah dan swasta yang membutuhkan pengembangan pendidikan dasar Islam.
- Mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
- Mengintegrasikan hasil pengabdian dosen ke dalam pembelajaran.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Keempat:
- Kurikulum memuat mata kuliah tentang kewirausahaan.
- Menanamkan nilai-nilai entrepreneur dalam perkuliahan.
- Membentuk tim dosen yang mengembangkan mata kuliah kewirausahaan.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Kelima:
- Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kualitas lulusan.
- Menjalin kerjasama dengan universitas dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Menyelenggarakan tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Keenam:
- Mengoptimalkan Unit Penjamin Mutu (UPM) di P
- Mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di kegiatan Prodi.
- Sasaran dan Strategi dari Tujuan Ketujuh :
- Menanamkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah dalam perkuliahan.