| Sikap |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, nilai serta etika akademik dengan menghargai keanekaragaman, bekerja sama, memiliki kepekaan sosial sekaligus kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S2 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, taat hukum, disiplin, dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan semangat kemandirian, kejuangan serta kewirausahaan. |
S3 | Mengimplementasikan nilai-nilai aswaja an-nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari. |
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
| Pengetahuan |
P1 | Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, |
komunikatif, santun, dan empati untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, |
Pendidikan Kewarganegaraan) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media |
pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik. |
P2 | Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. |
P3 | Mampu menerapkan pengetahuan tentang metodologi penelitian pendidikan untuk madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar serta tindakan reflektif guna peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus pengembangan diri sebagai perwujudan etos kerja, tanggung jawab tinggi, rasa bangga dan percaya diri, serta menjunjung tinggi kode etik guru. |
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
| Keterampilan Umum |
KU1 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya dengan |
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif secara mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara serta etika ilmiah |
disertai mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, atau sejawat untuk mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang sahih dan bebas plagiasi dalam bentuk deskripsi saintifik berupa skripsi atau laporan tugas akhir, sekaligus mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU2 | Mampu bertanggungjawab dan melakukan supervisi serta evaluasi atas pencapaian hasil kerja kelompok terhadap penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawabnya sekaligus melaksanakan evaluasi diri serta pembelajaran secara mandiri. |
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
| Keterampilan Khusus |
KK 1 | Melaksanakan perencanaan, praktik pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empati untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik. |
KK 2 | Mengembangkan materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat. |