Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Unusida

NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Sikap
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, nilai serta etika akademik dengan menghargai keanekaragaman, bekerja sama, memiliki kepekaan sosial sekaligus kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S2Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan sebagai warga negara yang memiliki nasionalisme, taat hukum, disiplin, dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan semangat kemandirian, kejuangan serta kewirausahaan.
S3Mengimplementasikan nilai-nilai aswaja an-nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari.
NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Pengetahuan
P1Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik,
komunikatif, santun, dan empati untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial,
Pendidikan Kewarganegaraan) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media
pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik.
P2Mampu menganalisis konsep-konsep teoritis tentang materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.
P3Mampu menerapkan pengetahuan tentang metodologi penelitian pendidikan untuk madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar serta tindakan reflektif guna peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus pengembangan diri sebagai perwujudan etos kerja, tanggung jawab tinggi, rasa bangga dan percaya diri, serta menjunjung tinggi kode etik guru.
NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Keterampilan Umum
KU1Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidang keahliannya dengan
menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif secara mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara serta etika ilmiah
disertai mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, atau sejawat untuk mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang sahih dan bebas plagiasi dalam bentuk deskripsi saintifik berupa skripsi atau laporan tugas akhir, sekaligus mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU2Mampu bertanggungjawab dan melakukan supervisi serta evaluasi atas pencapaian hasil kerja kelompok terhadap penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawabnya sekaligus melaksanakan evaluasi diri serta pembelajaran secara mandiri.
NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Keterampilan Khusus 
KK 1Melaksanakan perencanaan, praktik pembelajaran, evaluasi, dan tindak lanjut pembelajaran yang mendidik, komunikatif, santun, dan empati untuk mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan) pada Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dengan memanfaatkan beragam sumber belajar/ bahan ajar/media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan karakteristik perkembangan dan profil belajar peserta didik.
KK 2Mengembangkan materi, struktur, konsep, pola pikir keilmuan dan kurikulum mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan PKn) di madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar yang kreatif dan adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan masyarakat.